Cara Pengobatan Ginjal Alami
Pengobatan Ginjal

Gayahidupsehatonline.com, Banyak penyakit yang disebabkan oleh diri kita sendiri karena enggan menjaga pola hidup sehat dan seenaknya saja. Dari makanan yang senaknya enggan minum air putih dan malas berolahraga, menjadikan tubuh kita rentan terkena penyakit.

Jika kita sakit kita tidak akan bisa beraktivitas seperti biasa dan kita juga yang repot. Belum ditambah biaya pergi ke dokter serta obat-obat. Maka dari itu penting bagi kita untuk menjaga kesehatan.

Kali ini kita akan membahas berbagai macam mengenai organ peting dalam tubuh kita yaitu ginjal. Ginjal adalah organ ekskresi dalam vertebrata yang berbentuk mirip kacang. Ginjal berfungsi menyaring kotoran dari darah dan membuang nya bersama dengan air dalam bentuk urin.

Banyak orang terkena penyakit ginjal sebenarnya apa sih penyakit ginjal itu? Penyakit ginjal merupakan gangguan yang terjadi pada organ ginjal. Gangguan pada ginjal akan mempengaruhi kinerja tubuh dalam mencuci darah yaitu menyaring limbah tubuh dan cairan berlebih yang akan menjadi urin.

Kenali Ciri Penyakit Ginjal
Ciri Penyakit Ginjal

Inilah beberapa penyakit ginjal yang harus kamu ketahui dan waspadai:

  • Infeksi ginjal

Infeksi ginjal terjadi bila bakteri dari kandung kemih menyebar naik menuju ke salah satu atau kedua ginjal. Kondisi ini muncul akibat dari komplikasi infeksi saluran kemih.

  • Batu Ginjal

Garam dan mineral yang harusnya disaring oleh ginjal tetapi malah mengeras dan tertimbun dalam ginjal sehingga terbentuk batu ginjal. Hal ini biasanya terjadi karena urin yang terlalu pekat, sehingga garam dan mineral mengkristal.

  • Gagal Ginjal Akut

Gagal ginjal akut adalah kondisi dimana ginjal tidak dapat berfungsi normal secara tiba-tiba. Jika tidak segera ditangani, kondisi ini bisa menyebabkan menumpuknya garam dan zat kimia lainnya di dalam tubuh dan mempengaruhi fungsi organ tubuh lainnya.

  • Penyakit Ginjal Kronis

Penyakit ginjal kronis atau gagal ginjal kronis yaitu penurunan fungsi ginjal yang menetap selama tiga bulan. Kondisi ini ditandai beberapa gejala, seperti sesak napas, mual dan kelelahan. Namun kondisi ini tidak dirasakan oleh pasien bisa masih stadiu 1-3. Oleh karena itu, banyak orang tidak menyadari sedang mengalami kondisi ini hingga mencapai stadium lanjutan.

Lantas gejala apa saja yang dirasakan jika terkena penyakit ginjal?

Gejala penyakit ginjal tergantung dari jenis penyakitnya dan apakah penyakit tersebut mengakibatkan penurunan fungsi ginjal. Beberapa gejala penurunan fungsi ginjal dan gejala penyakit ginjal secara spesifik, antara lain:

  • Terjadi pembengkakan di pergelangan kaki dan sekitar mata
  • Mual, muntah, kehilangan nafsu makan, dan penurunan berat badan
  • Volum urin dan frekuensi buang air kecil berkurang
  • urine berbusa
  • Merasa lelah dan sesak napas
  • Kulit kering dan terasa gatal
  • Terjadi kram otot, terutama di tungkai
  • susah tidur
  • Tekanan darah tinggi
  • Gangguan irama jantung
  • Penurunan kesadaran
  • Pada gagal ginjal akut dapat terlihat tanda dehidrasi
  • Nyeri punggung bawah dan urine bercampur darah dapat terjadi pada penderita batu ginjal, penyakit ginjal, polikistik, dan infeksi ginjal
  • Pada penderita infeksi ginjal dan batu ginjal dapat timbul keluhan demam dan menggigil

Jika kamu yang merasakan gejala seperti di atas cepatlah periksakan kepada dokter atau untuk kamu yang terkena penyakit ginjal tidak usah khawatir karena pengobatan ginjal ini bisa dengan cara yang alami seperti:

  1. Membuat ramuan rambut jagung, alang-alang, dan kumis kucing

Rupanya rambut jagung dapat menjadi bahan alami yang baik untuk pengobatan para penderita gagal ginjal apabila dikombinasikan dengan kumis kucing serta alang-alang.

Caranya sangat mudah yaitu, siapkan 1 genggam padat rambut jagung, lalu 11-15 lembar daun kumis kucing dan akar alang-alang yang dibutuhkan sekitar 3 jengkal. Bersihkan semua bahan tersebut sebelum mengolahnya menjadi ramuan obat.

Setelah dicuci, kamu dapat mencampurkan 600ml air putih untuk merebus bahan tersebut.

Tunggu sampai mendidih dan tersisa 300 ml saja. Biarkan hingga 15 sampai 30 menit agar ramuan tidak begitu panas, baru kamu bisa meminumnya, sekali konsumsi dianjurkan 100 ml dan kamu bisa meminumnya sehari tiga kali.

  1. Bawang putih, Jeruk Nipis, dan Bawang Bombay

Caranya mudah kamu tinggal sediakan jeruk nipis 3 buah, bawang bombay 2 siung, lalu bawang putih 11 siung . Cuci bersih kemudian blender semua bahan menjadi satu, konsumsi 3×1 sendok makan setiap harinya.

  1. Daun Sukun

Caranya mudah siapkan beberapa lembar daun sukun kemudian cuci bersih, selanjutnya daun sukun tersebut di rebus dengan air secukupnya dan biarkan hingga mendidih, pastikan daun hancur. Tunggu hingga dingin lalu saring dan minum lah sehari 2 kali pagi dan sore hari.

  1. Mahkota Dewa

Dengan mengonsumsi  mahkota dewa, gagal ginjal dapat dicegah dan kondisi pun dapat dibuat membaik.

Mahkota dewa memiliki 4 kandungan penting untuk meningkatkan kesehatan tubuh yang baik juga untuk mengobati gagal ginjal secara alami yaitu saponin, alkaloid, polifenol, serta flavonoid.

  1. Daun Binahong

Caranya kamu hanya perlu merebus sekitar 10-15 gram daun binahong yang masih segar dengan 1 gelas air. Minum secara rutin 3×1

Bagaimana sudah jelas bukan pentingnya menjaga kesehatan tersebut, semoga informasi seputar ginjal dan pengobatan ginjal tersebut bisa bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here