Minyak Zaitun
Minyak Zaitun Untuk Memasak

Gayahidupsehatonline.com, Minyak zaitun tidak hanya terkenal bagus untuk kesehatan kulit namun juga kesehatan tubuh, juga bisa digunakan untuk memasak. Minyak ini berbeda dengan minyak dari zaitun untuk kulit.

Harga dari minyak yang terbuat dari buah zaitun ini lebih mahal dibandingkan dengan minyak goreng yang biasanya digunakan. Minyak ini memiliki kandungan vitamin E dan K serta omega-3 dan 6 yang bagus untuk tubuh.

Minyak Zaitun Untuk Memasak
Minyak Zaitun Untuk Memasak

Dengan kandungan lemak tak jenuh yang mencapai hingga 86%, tidak heran jika harga produk minyak dari zaitun untuk masak bisa mencapai ratusan ribu per liternya, tergantung merek. Manfaat menggunakan minyak dari zaitun untuk memasak, diantaranya:

  • Menyehatkan jantung karena kandungan lemak yang terkandung adalah lemak tak jenuh tunggal yang bisa mengurangi resiko peradangan dan meningkatkan kadar kolesterol baik.
  • Mengurangi resiko terserang stroke.
  • Menjaga kesehatan mental.
  • Membantu untuk menjaga kesehatan hati.
  • Mengurangi resiko terserang kanker payudara.

Minyak yang digunakan untuk memasak merupakan jenis ekstrak virgin yang memiliki sifat mudah panas sehingga minyak goreng ini tepat untuk masakan Kamu yang pengolahannya tidak perlu panas yang tinggi.

Minyak dari zaitun untuk memasak ini digunakan untuk pengganti minyak goreng biasa ataupun mentega yang memiliki kandungan lemak jenuh yang cukup tinggi. Selain bisa digunakan untuk menumis, minyak yang dapat dibeli di toko online ini juga bisa dijadikan sebagai salah satu bumbu.

Jika Kamu mengolah makanan dengan menggunakan teknik masakan marinade atau bahan masakan yang direndam terlebih dahulu dengan menggunakan bumbu perendam agar rasanya bisa meresap hingga ke dalam misalnya saat masak daging.

Ada beberapa aturan yang harus Kamu perhatikan jika Kamu menggunakan minyak dari zaitun ini untuk memasak. Gunakan minyak zaitun saat Kamu sedang membuat salad, Kamu bisa menggunakannya untuk dressing.

Selain memuat salad, minyak ini juga bisa kamu pergunakan untuk menumis dengan catatan menumis di tas api yang sedang. Dengan penggunaan minyak yang sempurna, maka khasiatnya juga kan semakin terasa.

Minyak Zaitun Untk Kesehatan
Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

Jika Kamu memasak minyak dari zaitun ini terlalu lama, maka bisa menyebabkan minyak kehilangan nutrisinya. Oleh karena itu, jika Kamu menumis dengan menggunakan minyak ini maka tidak boleh menggunakannya terlalu lama.

Ada ciri yang menunjukkan jika minyak dari zaitun ini rusak adalah saat minyak mulai berasap karena terlalu panas. Jika senyawa pada minyak ini rusak, bukan hal positif yang akan Kamu peroleh namun justru hal negatif seperti kesehatan yang terganggu.

Karena jenis minyak dari zaitun ini hanya cocok untuk menumis sayur yang lama pengolahannya sebentar dan bukan untuk menggoreng ayam atau dengan teknik deep fry.

Jika Kamu ingin menggoreng dengan menggunakan minyak yang sehat, selain dengan menggunakan minyak zaitun yang cocok untuk menumis, Kamubisa menggunakan jenis minyak canola.

Minyak nabati ini mempunyai titik asap yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan minyak dari zaitun. Jenis minyak canola tersebut bahkan masih bagus untuk dipergunakan menumis atau menggoreng dengan api yang besar.

Jika dilihat dari harga, minyak dari zaitun lebih mahal dibandingkan dengan canola. Namun, jika dirasa harganya terlalu mahal, maka Kamu bisa menggunakan minyak kelapa sebagai alternatif minyak yang sehat dengan harga yang jauh lebih terjangkau dan lebih tahan dengan senyawa yang tidak mudah rusak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here