Termometer Digital

Gayahidupsehatonline.com, Termometer merupakan alat yang digunakan sebagai alat pengukur suhu dan perubahannya. Alat ini mudah ditemukan dalam hal yang berkaitan dengan praktek kedokteran seperti di puskesmas, klinik, rumah sakit dan lain sebagainya.

Alat ini juga bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari seperti mengukur suhu badan, suhu ruangan dan lain sebagainya. Alat ini tersedia dalam berbagai macam bentuk dengan penggunaan yang berbeda-beda serta fungsinya utamanya masing-masing.

http://www.gayahidupsehatonline.com/wp-content/uploads/2018/05/termometer-klinis.jpg
Sebuah Termometer Digital yang banyak di gunakan orang untuk memeriksa suhu tubuh.

Alat pengukur suhu sangat banyak macamnya dengan fungsi yang beragam. Beragam alat ini digunakan untuk menunjang berbagai aktivitas yang berkaitan dengan suhu.

Dengan adanya alat ini, maka berbagai kegiatan yang membutuhkan pengukuran suhu dapat diketahui dengan akurat. Berikut adalah macam-macam Termometer berdasarkan fungsinya yang bisa kamu ketahui:

Klinis

Jenis alat satu ini biasa digunakan dalam praktek dokter dengan ciri utamanya menggunakan air raksa sebagai cairan pengisi alat ini.

Dalam praktek kedokteran, alat satu ini digunakan sebagai alat pengukur suhu tubuh manusia. Skala pada alat satu ini adalah 35 derajat celcius hingga 42 derajat celcius.

Termometer air raksa.

Penggunaan alat ini adalah dengan meletakkannya di mulut atau ketiak pasien selama kurang lebih dua menit sehingga diketahui suhu tubuhnya dengan akurat.

Ada juga jenis alat ini yang menggunakan skala digital. Angka suhu akan langsung ditampilkan ketika alat ini diletakkan pada mulut atau ketiak pasien.

Six-Bellaini

Alat ini digunakan untuk mengukur suhu tertinggi dan terendah pada jangka waktu tertentu oleh pengamat cuaca. Alat ini pertama kali ditemukan pada akhir abad ke-18 oleh James Six dan Beliani.

Dengan ditemukannya alat ini maka sangat bermanfaat dalam mengenali cuaca yang selalu berubah-ubah dengan lebih akurat. Bila cuaca dapat diprediksi dengan akurat maka berbagai kegiatan dapat dilakukan dengan lebih aman dan terhindar dari resiko akibat cuaca yang buruk.

Optik Pyrometer

Jenis alat pengukur suhu satu ini digunakan untuk mengukur suhu tinggi diatas 1000 derajat celcius misalnya dalam kegiatan peleburan logam. Cara kerja alat pengukur suhu ini didasarkan pada warna logam yang berubah akibat perubahan suhu.

Semakin tinggi suhu suatu benda, maka akan menghasilkan warna yang bercahaya dengan lebih terang. Dengan menggunakan alat ini, maka berbagai kegiatan yang membutuhkan tingkat suhu tinggi tertentu dapat terlaksana dengan akurat.

Termokopel

Alat ini berfungsi mengubah perbedaan suhu yang ada pada suatu benda menjadi tegangan listrik sehingga banyak digunakan pada rangkaian dan peralatan listrik. Kelebihan alat ini adalah respon cepatnya terhadap perubahan suhu yang terjadi.

Rentang suhu operasional pada jenis alat ini terbilang luas, yaitu -200 derajat celcius sampai 2000 derajat celcius. Alat ini juga tahan pada berbagai jenis getaran maupun goncangan sehingga sangat berguna dalam berbagai kegiatan yang menggunakan alat ini.

Jenis alat pengukur suhu ini juga tersedia dalam bermacam-macam tipe sesuai dengan kebutuhan pengukur suhu yang dibutuhkan.

Berbagai jenis termometer yang sesuai dengan fungsinya tersebut dapat Kamu ketahui dengan lebih mendetail dengan mengakses berbagai situs di internet. Bila Kamu membutuhkan salah satu jenis alat pengukur suhu tersebut, Kamu bisa membelinya di toko secara langsung atau melalui toko online.

Biasanya alat pengukur suhu yang dibutuhkan dalam keseharian adalah jenis Termometer klinis sebagai pengukur suhu badan. Dengan menggunakan alat tersebut sesuai fungsinya masing-masing, maka berbagai kegiatan dapat tertunjang dengan maksimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here