Kenali Ciri-Ciri Penyakit Vertigo
Ciri-Ciri Penyakit Vertigo

Gayahidupsehatonline.com, sering kali kita merasakan pusing bahkan tak tertahankan salah satunya yaitu gejala vertigo. Vertigo merupakan istilah ketika seseorang merasa seolah-olah mereka atau benda-benda di sekitar bergerak ketika mereka tidak.

Ciri-ciri penyakit vertigo rasanya seperti berputar atau gerakan bergoyang. Hal iniu mungkin berhubungan dengan adanya gejala mual, muntah, keringat dingin, kesulitan berjalan. Hal ini biasanya memburuk ketika kepala dipindahkan.

Vertigo biasanya terjadi karena masalah dengan telinga bagian dalam, tetapi juga dapat disebabkan oleh masalah penglihatan dan kondisi lainnya. Vertigo merupakan penyakit yang berbeda dari pusing biasa. Penyakit vertigo melibatkan sensasi gerakan.

Vertigo dapat digambarkan sebagai perasaan bahwa Anda sendiri yang berputar, yang dikenal sebagai vertigo subjektif, atau perasaan rotasi lingkungan sekitarnya, dikenal sebagai vertigo objektif.

Ciri-ciri penyakit vertigo yang bisa kamu kenali:

  1. Objek di sekitar serasa berputar

Ketika Kamu mengalami vertigo, maka kepala akan serasa berputar dan begitupun obyek di sekitar Kamu. Kejadian ini bisa terjadi secara tiba-tiba atau didahului oleh rasa pusing terlebih dahulu.

  1. Mual

Rasa mual dan mendadak muntah timbul karena sensasi berputar tersebut membuat Kamu menjadi pusing. Seperti halnya naik kendaraan, mual yang dirasakan akan menyerupai mabuk.

  1. Gangguan pendengaran

Ketika Kamu mengalami vertigo, maka kualitas dan kemampuan pendengaran Kamu akan cenderung menurun. Hal ini mungkin bisa diakibatkan karena gangguan pada saraf pendengaran.

  1. Pusing

Sudah jelas rasa pusing akan melanda Kamu yang mengidap vertigo. Rasa pusing ini kerap muncul dalam intensitas yang berbeda.

  1. Susah makan

Ciri-ciri penyakit vertigo berikutnya adalah susah untuk menelan makanan, penderita vertigo akan mengalami kesulitan menelan makanan karena rasa mual yang dialami. Jika makan tertelan, penderita akan merasakan mual dan ingin muntah.

  1. Kehilangan keseimbangan

Kehilangan keseimbangan terjadi karena adanya masalah pada sistem saraf Kamu. Kamu akan merasa sempoyongan dalam berdiri, berjalan, maupun dalam memegang sesuatu.

  1. Sering berkeringat

Yang dimaksud keringat disini adalah bukan keringat ketika beraktifitas, akan tetapi keluarnya keringat dingin disertai pusing dan mual.

  1. Pingsan

Ciri-ciri berikut ini juga merupakan akibat dari vertigo yaitu pingsan. Pingsan akibat vertigo memang mirip dengan pingsan karena faktor cuaca, kelelahan, atau perut yang kosong. Diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan apakah pingsan ini disebabkan oleh vertigo atau bukan.

Ada pula beberapa penyebab terjadi vertigo seperti:

  • BPPV ( Benign Paroxysmal Positional Vertigo) dimana pergerakan kepala tertentu dapat memicu vertigo
  • Migrain yang merupakan sakit kepala yang parah
  • Labirintis yang merupakan infeksi telinga bagian dalam
  • Neuronitis vestibular yang merupakan peradangan dari saraf vestibular yang berjalan ke telinga bagian dalam dan mengirimkan pesan ke otak yang membantu mengendalikan keseimbangan.

Selain dengan obat-obatan dari dokter Kamu juga bisa mengobati vertigo dengan cara alami dengan beberapa tanaman berikut:

  1. Bunga melati

Bunga melati merupakan bunga yang sangat terkenal di Indonesia selain bunga mawar, ternyata selain digunaka sebagai teh herbal, bunga melati dan bagian daunnya memiliki kemampuan yang luar biasa untuk mengatasi vertigo.

Bunga melati mengandung minyak atsiri yang dapat berperan sebagai abti-depressan yang meredakan perasaan mual dan juga memperlancar peredaran darah, sehingga akan membantu Anda untuk mengatasi gejala vertigo.

Untuk menggunakan obat herbal tersebut cukup mudah caranya tinggal siapkan:

  • Segenggam daun melati dan10 kuntum bunga melati
  • Remas-remas semua bahan
  • Taburkan pada air panas
  • Rendaman tersebut diminum
  1. Sambiloto

Sambiloto merupakan salah satu tanaman liar yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Sambiloto saat ini sudah sering dijadikan salah satu bahan baku jamu. Ternyata sambiloto juga merupakan tanaman obat vertigo.

Hal tersebut dikenakan daun sambiloto mengandung flavonoid yang memiliki kemampuan luar biasa sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan juga mematikan virus dan kontaminan asi dalam tubuh.

Biasanya vertigo disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri, sehingga memanfaatkan daun sambiloto memang pantas dijadikan solusi.

Cara membuat obat dari sambiloto ini sangat mudah yaitu:

  • siapkan 3-5 helai daun sambiloto
  • kemudian rebus dengan air hingga mendidih
  • jika sudah mendidih saring airnya dan dinginkan sejenak
  • setelah dingin langsung minum secara rutin sebanyak 3x sehari
  1. Cocor bebek

Tanaman cocor bebek ini biasanya lebih sering digunakan sebagai tanaman hias. Tanaman ini dinamakan cocor bebek karena memang bentuk daunnya yang memanjang, memiliki pinggir seolah bergigi, dan ujung daun yang tumpul sehingga mirip dengan lidah bebek.

Tanaman ini ampuh digunakan sebagai obat alami vertigo karena kandungan flavonoidnya yang sangat tinggi, di mana flavonoid ini akan mematikan virus-virus di dalam tubuh, sehingga akan bantu untuk mengurangi gejala vertigo.

Cara menggunakannya menjadi obat yaitu:

  • ambil 10 helai daun cocor bebek
  • tumbuk halus daun tersebut
  • tambahkan air garam sedikit
  • oleskan pada kening dan pelipis 1-2 kali sehari.

Itulah beberapa ciri-ciri penyakit vertigo dan beberapa obat herbal yang bisa membantu Anda semoga bermanfaat dan lekas sembuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here