Bagaimana Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami?
Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami

Gayahidupsehatonline.com, Menyantap makanan yang lezat memang keinginan setiap orang, mulai dari makanan pedas, asin, bahkan asam. Tetapi setelahnya baru lah terasa akibat dari makan-makanan tersebut.

Salah satunya radang tenggorokan, ketika tenggorokan sakit, tentu sebagian besar dari kita ingin tahu apa penyebabnya.

Rata-rata seorang manusia menelan 50 kali permenit. Kecuali bagi kamu yang sedang mengalami radang tenggorokan. Maka seketika itu juga kamu akan menyadari betapa proses sederhana seperti menelan saja membutuhkan tenaga ekstra, bahkan jika yang ditelan itu sesuatu yang sangat sederhana seperti ludah sendiri.

Penyebab radang tenggorokan bisa bermacam-macam seperti:

  1. Infeksi virus

Tampaknya sudah tak diragukan lagi bahwa pemicu utama dari adanya radang di tenggorokan merupakan serangan infeksi dari virus. Meski bukan satu-satunya pemicu radang tenggorokan, kebanyakan kasus disebabkan oleh virus ini. Virus flu serta pilek adalah rata-rata penyebab dari infeksi yang terjadi. Namun ada juga besar kemungkinan virus lainlah yang menyebabkan radang seperti :

  • Infeksi Laring
  • Infeksi yang menyebabkan luka pada kulit.
  • virus campak
  • virus cacar air
  • virus mononucleosis
  1. Infeksi bakteri

Radang tenggorokan juga bisa disebabkan oleh serangkaian bakteri. Berikut di bawah ini adalah beberapa golongan bakteri infeksi yang perlu untuk kita waspadai.

  • Difteri, yakni sebuah kondisi kesehatan yang berupa gangguan pernapasan yang memang lebih banyak dijumpai khusus di negara-negara berkembang.
  • Batuk rejan, yakni sebuah kondisi infeksi saluran pernapasan dan bisa menular.
  • Bakteri streptococcus pyogenes maupun grup A streptococcus yang memang paling sering menyebabkan tenggorokan meradang.
  1. Tumor

Munculnya radang tenggorokan bisa dikarenakan kanker atau tumor yang berada pada bagian tenggorokan kita. Meski memang terbilang kasus yang jarang, namun potensi penyebab ini tetap ada. Selain tumor ada di bagian tenggorokan, tumor yang menyerang laring dan lidah juga bakal menimbulkan rasa sakit di tenggorokan.

Pada umumnya, bila memang radang tenggorokan disebabkan oleh tumor, maka gejala seperti benjolan pada leher dan napas yang berisik pasti terjadi. Selain itu, kesulitan menelan, suara parau, batuk berdahak, serta air liur yang mengandung darah juga gejala yang cukup perlu diwaspadai.

  1. Infeksi HIV

Infeksi HIV pun juga dapat menyebabkan radang pada tenggorokan di mana gejala yang timbul mirip gejala flu. Gejalanya pun kadang muncul di awal sesudah terinfeksi HIV menyerang.

  1. Merokok

Sudah kita ketahui bersama akan bahaya merokok bagi alat pernafasan. Tak hanya akan mengganggu pernapasan, tenggorokan juga dapat terkena imbas buruknya. Kebiasaan merokok atau sering terkena dan menghirup asap rokok akan memicu radang ditenggorokan. Pada umumnya, kondisi radang tenggorokan akibat kebiasaan merokok akan terjadi secara persisten. Radang takkan membaik dengan cepat bila selama sakit masih merokok.

Masih banyak lagi penyebab dari radang tenggorokan tersebut jika kamu mengalami salah satu nya segera periksakan ke dokter atau kamu yang sudah terserang radang tenggorokan jangan khawatir ada solusinya dengan cara mengobati radang tenggorokan secara alami berikut:

  1. Jeruk Lemon
Obat Radang Tenggorokan Jeruk Lemon
Jeruk Lemon

Jeruk lemon sangat kaya akan manfaat, mulai dari sebagai antioksidan, mengobati gangguan asam lambung, mencegah sesak nafas, dan juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati sakit tenggorokan secara alami.

Kandungan astringen di dalam buah lemon dapat meredakan dan mengobati sakit tenggorokan.

Cara pemanfaatannya mudah, yaitu campurkan 1 sendok teh perasa air perasan lemon ke dalam segelas air matang. Perasan air lemon dapat membantu membunuh kuman-kuman di tenggorokan.

Selain itu juga ampuh menghilangkan lendir pada tenggorokan sama seperti jeruk nipis, yang mana biasanya tenggorokan akan segera terasa lega begitu dahak dapat dikeluarkan.

  1. Cengkeh
Obat Radang Tenggorokan Cengkeh
Cengkeh

Cengkeh atau cengkih juga dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal sakit tenggorokan. Cara pemanfaatannya cukup mudah, kamu hanya membutuhkan 1-3 sendok teh cengkeh bubuk dan segelas air matang. Campurkan cengkeh ke dalam air, lalu gunakanlah untuk berkumur.

Cengkeh mempunyai sifat antibakteri dan anti radang yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Cengkeh bubuk dapat dibeli di pasar tradisional ataupun toko obat tradisional. Jika tidak tersedia dalam bentuk bubuk maka yang masih utuh pun bisa dimanfaatkan, namun perlu ditumbuk dahulu supaya nutrisinya dapat larut ke dalam air.

  1. Madu
Obat Radang Tenggorokan Madu
Madu

Madu dipercaya dan telah diteliti mengandung sifat antibakteri, antivirus, dan antijamur yang tentunya dapat membantu tubuh melawan infeksi kuman di tenggorokan,oleh karenanya cocok untuk mengobati panas salam maupun sakit tenggorokan lainnya.

Cara meminumnya mudah, campurkan satu sendok makan madu dengan segelas air hangat (jangan dengan air panas karena bisa merusak nutrisi di dalam nya). Kamu juga bisa mencoba campurkan ke dalam air teh atau perasan lemon. Konsumsi secara teratur sehari 2-3kali hingga sakit tenggorokan sembuh.

mengobati secara tradisional memang cara efektif tanpa efek samping dan mudah di dapatkan, semoga informasi mengenai cara mengobati radang tenggorokan secara alami seperti di atas dapat membantu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here