Panduan Tepat untuk Penggunaan Breast Pump Demi Maksimalkan Keluarnya ASI

0
105

Memiliki seorang anak bayi tentu menjadi kebahagiaan yang tak terkira untuk para Ibu di dunia. Meski betapa sakit melahirkan, namun setelah bayi keluar maka yang ada hanya senyum semata. Setelah bayi lahir, memberikan makanan yang sempurna untuk maksimalkan gizi yang didapatkannya adalah hal yang sudah pasti. ASI menjadi makanan utama bayi. Untuk bisa maksimalkan keluarkan ASI, maka Anda bisa gunakan alat bantu pompa yaitu breast pump (link ke https://www.bukalapak.com/tag/pompa-asi ) atau pompa ASI.

 

Pompa ASI ini umumnya dibutuhkan bagi para Ibu menyusui yang sibuk sehingga bisa mengeluarkan ASI-nya dan bisa disimpan sehingga ketika bayi butuh susu maka bisa minum ASI hasil perah tadi, bukan susu formula. Memang untuk memompa ASI ini butuh dipelajari dan tidak semua wanita bisa melakukannya di kali pertama, namun tetap saja Anda akan bisa ahli jika mencobanya nanti. Anda disarankan untuk memompa ASI karena memang ASI adalah makanan terbaik bagi si kecil sehingga di masa tumbuh kembangnya, dia tak kekurangan asupan nutrisi meski Anda sibuk.

 

Bagi Anda yang masih baru pertama kali atau mungkin masih bingung dengan cara memerah ASI sendiri, maka berikut ini beberapa tips yang bisa Anda ikuti sehingga memerah ASI bisa maksimal keluarnya:

 

  1. Jadwal rutin

Yang pertama adalah dengan membuat jadwal secara rutin ketika memerah ASI ini. Jika memang sibuk, maka Anda bisa juga dengan meluangkan waktu saat bekerja di ruangan khusus untuk bisa tetap memerah ASI. Untuk bisa memerah ASI sendiri, maka yang pertama dilakukan adalah Anda wajib untuk bisa rileks. Dengan tubuh yang santai dan pikiran tenang, maka ASI pun akan bisa mudah keluar. Jika pikiran kurang fokus, maka kenakan perlengkapan ketika Anda menyusui bayi karena hal ini akan bisa buat Anda kian fokus. Jika memang terburu-buru akan pekerjaan, ada baiknya meminta izin ke atasan dulu sehingga waktu Anda bisa lebih tenang.

 

  1. Pijat payudara

Setelah Anda sudah bisa rileks dan tenang serta punya ruangan sendiri, maka mulai dulu dengan pijatan lembut di payudara. Anda bisa memulainya dari ketiak dengan ujung jari berlawanan arah. Dengan cara ini maka ASI akan bisa lebih banyak keluarnya. Apabila memang Anda merasa ASI lambat saat pemompaan, maka pijat lagi bagian payudara sehingga bisa terkumpul ASI tersebut. Memang untuk pertama kali sedikit susah keluar, namun nantinya akan bisa lebih lancar.

 

  1. Pakai breast pump

Memakai alat pompa ASI tentu jadi hal penting yang bisa bantu Anda untuk memompa ASI dengan lebih baik. Jika memang belum terbiasa, maka bisa baca buku panduan sehingga bisa tahu cara yang benar. Untuk mempercepat waktu pemompaan, maka Anda bisa menggunakan dua pompa ASI sekaligus untuk dua payudara. Caranya pun cukup mudah dimana Anda cukup menyesuaikan posisi alat pompa ke payudara, lalu tekan pompaan atau tuas.

 

  1. Posisi pemompaan

Untuk bisa memaksimalkan keluarnya ASI, ada baiknya jika posisi ketika memompa juga dipertimbangkan. Anda bisa memposisikan diri dengan santai dan bersandar ke meja. Selain itu Anda juga bisa sambil mendengarkan musik sehingga kian rileks.

 

Itulah beberapa tips dalam memompa ASI yang perlu Anda tahu. Dengan menggunakan breast pump maka pemompaan ASI ini akan kian mudah. Kini pompa ASI pun bisa dengan mudah Anda dapatkan di situs belanja online dengan ragam jenisnya.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here