Masih Layakkah Penggunaan Handphone Blackberry Q10 di Jaman Sekarang? Simak Ulasannya Berikut Ini!

0
98

Blackberry merupakan vendor ponsel pintar yang lebih dahulu beredar di Indonesia dan menjadi primadona di jamannya. Peralihan handphone biasa dengan ponsel pintar diawali dengan terciptanya Blackberry dengan aplikasi andalannya yaitu BBM yang bisa mengirimkan pesan text hingga gambar ke sesama pengguna Blackberry tanpa biaya. Fitur tersebut di jamannya merupakan aplikasi yang membuat semua orang berlomba-lomba untuk membeli berbagai seri Blackberry meski dengan harga yang lebih mahal dibandingkan handphone biasa. Namun masa kejayaan BB telah lama hilang dengan munculnya hp android yang memiliki banyak aplikasi serupa dengan BBM. Akan tetapi, seri-seri terdahulu BB masih beredar hingga sekarang termasuk handphone Blackberry Q10 yang populer beberapa tahun silam.

 

Seri Q10 dari Blackberry dahulu merupakan seri kelas atas dari ponsel pintar dengan warna hp hitam elegan ini. Meski sekarang pengguna BB sudah menurun drastis yang dimulai dari dijualnya aplikasi BBM untuk umum, namun pengguna BB lama yang setia dengan seri Q10nya juga masih cukup banyak. Namun satu per satu memilih untuk menjualnya dengan tujuan untuk menggunakan seri lain dari ponsel pintar yang lebih modern. Beredarnya BB Q10 di pasaran ponsel pintar second membuat banyak orang bertanya-tanya apakah seri ini masih cukup layak untuk digunakan di masa modern yang pada umumnya menggunakan hp android seperti sekarang. Berikut ini adalah beberapa jawaban dari pertanyaan tersebut yang mungkin berguna bagi Anda jika memiliki keinginan untuk mencoba menggunakan Q10 kembali.

 

Secara fisiknya, seri ini masih menggunakan keypad dengan bentuk QWERTY dimana sekarang ini sudah jarang penggunaan keyboard karena semua sudah beralih ke fitur layar touch screen. Namun bukan berarti Anda tak bisa menyesuaikan karena penyusunan abjadnya sama dengan abjad di laptop dan perangkat gadget lainnya. Handphone Blackberry Q10 juga memiliki layar yang terbilang kecil jika dibandingkan dengan smartphone modern, ukuran layar setelah dikurangi keyboard adalah 3 inchi dengan menggunakan sistem operasi Blackberry OS 10 yang masih nyaman digunakan.

 

Jika Android terhubung dengan Google untuk memulai penggunaannya, maka jika Anda dahulu sudah memiliki Blackberry ID perlu mengaktifkannya kembali untuk menggunakan seri BB ini. Namun jika tidak, Anda bisa membuat baru di aplikasi bawaan BB word yang pasti ada di setiap produk BB. Dengan aplikasi tersebut Anda bisa mendownload berbagai jenis aplikasi baik gratisan maupun berbayar. Namun untuk kemajuan aplikasi BB sekarang ini yang sudah banyak ditinggalkan pastinya tak akan sepopuler aplikasi dari Play Store untuk android.

 

Untuk kehandalannya dalam melakukan perintah di masa kini, berikut ini adalah spesifikasi dari mesin Blackberry seri Q10 sebagai perbandingan:

 

  • Menggunakan prosesor Dual core berkecepatan 1,5 ghz yang terbilang masih baik.
  • Memiliki RAM 2 gb dengan memory internal 16 gb yang sudah bisa digunakan untuk multitasking dengan kapasitas penyimpanan besar.
  • Kamera bawaan utama beresolusi 8 mp dan kamera tambahan 2 mp sudah menjadi fitur fotografi yang mumpuni.

 

Dari uraian di atas, jika Anda mengesampingkan model atau design dari handphone Blackberry Q10 dengan layar kecil dan keyboardnya, maka Anda tetap akan bisa menggunakan seri ini di jaman sekarang karena spesifikasi yang dimilikinya masih baik dan sesuai untuk kebutuhan berbagai jenis aplikasi. Bahkan jika dibandingkan dengan ponsel pintar low end lainnya, BB seri Q10 ini memiliki spek yang lebih baik dan cepat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here